Peningkatan Kapasitas

Reading Circle

Reading circle diadakan oleh staf CELD dan ditujukan untuk mahasiswa/i yang tertarik dengan linguistik. Pada setiap minggu, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengulang dan mendiskusikan topik-topik yang sulit dari perkuliahan dan untuk mendiskusikan topik yang lebih luas, dengan demikian akan memperluas pengetahuan linguistik mereka. Reading circle fokus pada membaca dan memahami teks, dan bekerja dengan data.

Lokakarya-lokakarya

CELD menawarkan sejumlah lokakarya yang berkesinambungan yang membahas topik-topik yang berbeda seperti deskriptif dan dokumentasi linguistik, software untuk memproses bahasa, dan metode kerja lapangan. Lokakarya-lokakarya tersebut terbuka untuk mahasiswa, dosen, staf, dan komunitas pekerja bahasa.

Proyek-proyek mahasiswa

Dalam kerjasamanya dengan Yayasan Volkswagen di Jerman, CELD menawarkan sebuah program pengajaran yang ekstensif untuk mahasiswa dan staf lokal di Universitas Negeri Papua di Manokwari. Setelah mengikuti program ini, mahasiswa akan dimotivasi untuk membuat proyek dokumentasi mereka sendiri, terlebih untuk mendokumentasikan bahasa asli mereka. Mahasiswa akan dibimbing secara intensif dan akan diberikan beasiswa termasuk biaya penelitian lapangan, uang kuliah, dan juga biaya hidup selama semester akhir dalam periode penulisan skripsi. Data yang dikumpulkan akan diproses sesuai dengan standar DoBeS dan diarsipkan di CELD dan di Arsip Bahasa di Nijmegen, Belanda. Dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa lokal untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang linguistik dan metode kerja lapangan dan dengan menyediakan peralatan teknis dokumentasi bahasa, kami berharap dapat membangun sebuah dasar yang berkelanjutan untuk dokumentasi bahasa yang terancam punah di Papua.